Memukul drum di Sparks Street: Para pemrotes  dari Idle No More, 11 Januari Foto: Steve Gerecke, The Hill Times.

Memukul drum di Sparks Street: Para pemrotes dari Idle No More, 11 Januari Foto: Steve Gerecke, The Hill Times.

Sektor pertambangan Kanada  kerap menuai kontroversi, baik di dalam maupun luar negeri. Minggu ini, kita temukan lebih  banyak kritik terhadap pertambangan Kanada.

Gerakan No More idle makin menantang industri tambang  di seluruh Kanada.  Sementara perusahaan ekstraksi sumber daya alam juga meningkatkan serangannya  secara hukum melawan  para aktivis.

Pemerintah Kanada  berencana mempromosikan kemitraan bantuan pembangunan dengan perusahaan pertambangan Kanada, kini di bawah pengawasan lebih lanjut. Perusahaan Kanada Barrick Gold sedang dikritik karena cara mereka menangani korban pemerkosaan di tambang Porgera Papu Nuginea.

Hak Adat

Di luar Kanada, masyarakat adat berjuang untuk mendapat pengakuan yang seharusnya dalam hubungan mereka dengan para penambang. Di Peru, ada seruan untuk menerapkan undang-undang baru tentang  syarat melakukan konsultasi untuk proyek tambang  baru, Candente. Sedangkan di Guyana, pengadilan  menghasilkan keputusan yang disukai para penambang.

Di Filipina, ada lagi pemimpin masyarakat adat tewas di tambang Tampakan Xstrata. Di Amerika Serikat, polisi menangkap pemrotes Navajo  di perusahaan tambang batubara Peabody Coal. Di Australia, penduduk asli Mirrar akhirnya melihat perbaikan dalam kesepakatan dengan ERA.

Berita lainnya minggu ini

Perselisihan  membesar pada pertambangan di Burma

Industri pertambangan terus menargetkan  hukum “Proof it first”  di Wisconsin.

sumber:  http://www.minesandcommunities.org/ (4 November 2013)